Desa Sukarara, Desa Tenunnya Lombok !

Desa Sukarara, Desa Tenunnya Lombok !

Ahak ahak *ketawa khas ala Ola*
Gue dateng lagi, dengan cerita yang harus lebih seru dari sebelumnya *yang sebelumnya gak seru deh!*
Haha *ketawa sendiri*.

Selasa, Hari Ketiga!
Well. Here we are. Masih di Gili Trawangan.
Jam 06.00 gue dkk udah jalan kaki menuju spot sunrise *padahal rencana awal jam 5 -_-*.
Spot kali ini gak jauh jalan kaki nya. Hanya 5 menit, gak sejam kayak maren *aah, thanks God, doa gue dikabulkan*. Tapiii… sayang banged matahari nya ketutup awan, jadi kita cuma liat pancaran sang surya, ga liat sang surya nya 😀 .

Abis liat sunrise, gue dkk balik lagi ke penginapan. Hari ini kita cabut dari Gili Trawangan. Mau nyebrang lagi, balik ke Pulau Lombok. Hari Ketiga ini bakal kita pake buat eksplore Pulau Lombok :D. Oh ya, hari ini, Selasa, di Bali lagi gelap-gelapan. Lagi Nyepi. *Info gue penting banged khan? Umm… *senyum sinis plus joget joget ular*.

Jam 07.00 gue dkk udah siap. Jalan kaki menuju penjualan tiket kapal buat nyebrang ke Lombok. Jam 08.00 kapal baru berangkat. Setengah jam kemudian udah nyampe lagi di pelabuhan Bangsal. Hey Lombok, welcome back 😀 *ah, kenapa bocah bocah ini lagi!, Lombok said.*

Kali ini gue dkk ngerental mobil yang kemaren nganterin kita ke pelabuhan Bangsal. Kata Diana, hari ini kita bakal eksplore dari ujung utara ke ujung selatan Lombok, jadi lebih nyaman naek mobil aja ketimbang naek motor. Sepakat! *Yeyeyeyeye, kaki gue terselamatkan!*

Maka ditelponlah Bapak yang kemaren nganterin kita. Baik banged loh bapak ini (Pak Pauri namanya) *udah lo kasih tau maren!*. Rental mobilnya Rp400rb dari pagi ampe malem, udah termasuk bensin *murah loh ini menurut gue, pa lagi klo gue bandingin ama sewa mobil ke Padang Bai 1,5 jam Rp300rb *masih sesek gue ama harga angkutan di Kute -_-“*

Well, perjalanan pun dimulai. Bapaknya gak berenti ngomong. Ngejelasin ini itu. Terus kita berenti di salah satu spot yang sering jadi spot buat foto. Lokasinya di pinggir jalan, tapi karena tinggi, dan dibawahnya view laut, jadi banyak yang berenti di sini, termasuk kita. Pret prot pret, abis poto poto, lanjut lagi.

Tujuan pertama adalah pantai Senggigi, yang menurut blog yang gue temukan, pantai ini recommended karena bagus banged, berpasir putih. Singkat cerita, gue dkk nyampe Senggigi. Gak ngerti apa karena kita salah spot, ato karena lagi rame pantainya, biasa aja pantai nya menurut gue, nothing special :D.

Perjalanan pun dilanjutkan. Menuju tempat penjualan mutiara asli. Lalalaa, gue dkk cuma niat liat doank kok *siul-siul*.

Kaget gue, pas nyampe tempatnya, langsung disamperin satpamnya, disambut dengan baik. Duh, kalo gak beli, bakal ga enak nih. Maka gue dkk liat liat *ingat, liat liat doank*. Ramah-ramah mb-mb nya. Dan gue coba liat satu cincin.
“Liat yang ini donk mb.”
Ada labelnya, tertulis: 140.
“Hemm, 140rb ya ini?”
“Bukan mb. 1,4 juta.”
*bibir mengkerut*, *Oooow*.
“Kalau yang ini mutiara air laut mb. Ada yang lebih murah, mutiara air tawar, di sebelah sana :)” *nunjuk ke ruangan sebelah*, *mata gue pun berbinar*.
Hemm, kok tau sih mb gue pengen liat yang murah? *pandangan menunduk anggun*.

Emang murah-murah sih yang mutiara air tawarnya. Gelang 100rban ke atas. Cincin ada yang 30rban. Gue dkk borong semua barang yang ada di situ, plus gedung-gedung nya juga *edisi menghayal*.

Hemm, lanjut, tujuan selanjutnya: Desa Sukarara. Desa tenun.
Gue lupa berapa lama perjalanan ke Desa Sukarara ini. Yang jelas sepanjang perjalanan kita ngelewatin Mataram, si ibu kota. Ada satu kawasan daerah di Mataram, namanya Cakranegara, nah, di sini mayoritas Hindu, orang-orangnya lagi pada nyepi. Gang gang rumahnya di tutup, gak ada yang boleh lewat *umm, ayooo, pada ngapain di dalem gelap gelapaaaaan*.

Lanjut lagi, Desa Sukarara. Finally sampe juga.
Di desa ini, setiap rumah, pasti menenun. Sudah pasti. Ama pak supir, kita berenti di satu galeri. Langsung disamperin ama mb mb. Diajakin ke rumah penduduk.

Di rumah penduduk, ada mb-mb lagi nenun. Kita boleh ngeliatin dan nyobain. Alamaaak, gini ya nenun itu. Satu per satu gini nyatuin benangnya jadi kain. Ck ck ck. Cetar membahana terpampang nyata sekali *mendesah ala Syahrini, plus mata bintitan dan lidah melet melet ke meja*.

Kata mb nya, untuk satu kain, sepanjang 4 meter, nenunnya selama 2-3 bulan. Dan itu tiap hari ngerjainnya. Alamaaak. Pegel pasti ya mb -_-“ *ngga kok Mb, cuma mau mati aja rasanya*. Ola Diana pun akhirnya nyobain gmana cara nenun. Ah ya, di Desa ini, semua anak gadis wajib ngerti cara nenun. Kalo belom bisa nenun, blom siap nikah katanya. *uhlalala, untung di daerah gue gak pake syarat ginian -_-“, kapan kawinnya gue*.

Abis liat cara nenun, kita diantar lagi ke galeri penjualan kain tenun. Mahal mahal cin :D. Harus pinter nawar. Kain songket awalnya bilangnya Rp500rb, pas kita udah mau pulang, turun harga jadi Rp200rb *takjub gue*. Hihi. Tapi klo gak beli, gak enak. Untunglah Diana beli *bijak sekali Diana*,*ya iyalah, udah lebih dari sejam tanya ini itu, gak beli, dibacok mb nya deh*. Diana akhirnya beli kain tenun buat dijadiin baju. Satu meter kainnya Rp100rb, dari harga awal Rp250rb. Padahal kata Diana, harga aslinya Rp75rb/meter. Hahaha *pemerasan deh ni galeri*, *tapi konsepnya bagus sih, dilayanin dianterin ke rumah penduduk, ramah, senyum malaikat, kemudian dianter ke galeri, harga naek gak mau kalah ma harga bawang*.

Abis dari Desa Sukarara, tujuan selanjutnya adalah desa wisata: Desa Sade. Dan sekarang udah jam makan siang. Gue dkk minta dianterin di tempat makan khas Lombok. Makanan khas Lombok itu: ayam taliwang, pelecing kangkung, ada satu lagi: nasi ayam balap puyung. Dan yang terdekat ama kawasan kita saat ini, adanya nasi ayam balap puyung, di sekitar daerah bandara baru-nya Lombok.

Emm, apa ya istimewanya ayam ini. Sama kayak ayam kampung pada umumnya sih. Tapi ada ayam yang diswir swir, pake bumbu ala Lombok lah ya, gue gak ngerti bumbunya.

~~ bersambung ~~

gue sambung lagi ya, besok tentang Desa Wisata: Desa Sade, desanya suku sasak, suku asli Lombok 🙂

umm, klo mau liat poto poto di Desa Sukarara, nih gue upload di bawah, pake lepi/kompi liatnya *gue gak mau liaaaat!!!*

Go To Senggigi:

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Desa Sukarara:

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Bye!

4 pemikiran pada “Desa Sukarara, Desa Tenunnya Lombok !

  1. Gue hari pertama dan ke empat hanimun di senggigi beach hotel,, kamar yang diatas. Pas nyampe, langsung ada sambutan di front desk, di sana ada tulisan welcome mr/mrs firdaus. 🙂 hari ke dua n tiga tidur di villa ombak, gili trawangan, seruuuu!!

Tinggalkan komentar